PLN Bekasi Kenalkan Fitur Baca Meter Mandiri: Solusi Praktis untuk Memantau Penggunaan Energi Listrik

BEKASI – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi kembali memperkenalkan layanan swacam atau catat meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile. Sebuah inovasi yang memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam memantau penggunaan energi listrik di rumah mereka secara mandiri.

Layanan baca meter mandiri sudah bisa mengakomodir tarif blok, yaitu tarif yang diberikan pada batasan pemakaian tertentu. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembacaan meter listrik secara mandiri, memberikan kontrol yang lebih besar terhadap konsumsi energi.

Donna Sinatra, Manager PLN Bekasi mengungkapkan bahwa antusiasme pelanggan yang terus meningkat setiap bulannya menunjukkan kebutuhan akan teknologi yang mempermudah pengelolaan energi.

“Dengan fitur Baca Meter Mandiri, pelanggan dapat lebih proaktif dalam memantau penggunaan listrik mereka. Ini adalah langkah maju menuju manajemen energi yang lebih cerdas dan efisien,” ujarnya, Kamis (26/9/2024).

Ia menambahkan layanan baca meter mandiri melalui PLN Mobile bisa menjadi salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan. Dengan begitu, pelanggan dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan.

“Pencatatan meter secara mandiri dapat dilakukan antara tanggal 23 sampai dengan 27 setiap bulannya dan khusus untuk pelanggan pascabayar. Sudah sebanyak 139.836 pelanggan di PLN UP3 Bekasi sudah memanfaatkan fitur ini. Penggunaannya sangat mudah via aplikasi PLN Mobile,” tambahnya.

Adapun langkah-langkah penggunaan fitur layanan catat meter secara mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile
  2. Pilih menu Catat Meter
  3. Pilih Id Pelanggan
  4. Foto angka stand meter yang ada di kWh meter
  5. Masukkan angka stand meter, dan kirim.

Setelah melakukan hal di atas, selanjutnya estimasi biaya tagihan rekening listrik akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar di awal bulan berikutnya. Untuk pembayaran tagihan listriknya pun bisa dilakukan langsung melalui aplikasi PLN Mobile.

PLN UP3 Bekasi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fitur layanan Baca Meter Mandiri melalui aplikasi PLN Mobile. “Kami sangat mendorong pelanggan untuk memanfaatkan fitur ini. Dengan Baca Meter Mandiri, pelanggan dapat memantau konsumsi energi secara real-time, memberikan kendali penuh atas penggunaan listrik di rumah,” ujar Donna.

Terpisah, General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia mengungkapkan bahwa aplikasi PLN Mobile tidak hanya akan memudahkan pelanggan dalam memantau penggunaan energi listriknya, tetapi juga memberikan kemudahan akses kepada berbagai layanan kelistrikan lainnya.

“Aplikasi PLN Mobile dirancang untuk memberikan kemudahan dalam layanan kelistrikan kepada pelanggan. Melalui aplikasi ini, pelanggan tidak hanya dapat melakukan Baca Meter Mandiri, tetapi juga mendapatkan kemudahan akses cepat ke berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan, laporan gangguan/keluhan, dan informasi kelistrikan lainnya. PLN berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi yang memudahkan pelanggan dalam mengelola kebutuhan energi mereka.” pungkas Susiana. (Red)

Komentar

Komentar

Mohon maaf, komentar belum tersedia

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait

Search